Bayi Haruslah Diberi Makanan Sesuai Usianya

Beberapa waktu terakhir ini kita kerap dengarkan kampanye yang mengucapkan ibu yang barusan melahirkan bayinya buat memberikannya ASI eksklusif untuk bayinya sampai umur enam bulan saja tiada diselingin model makanan lain ataupun susu formula. ASI eksklusif dipandang seperti makanan yang paling prima buat bayi yang baru lahir serta bahkan juga ASI berikut obat alamiah untuk bayi apabila bayi tidak sedang sehat. Dalam realitanya, umur bayi yang masih muda ini memang membuat metode pencernaannya belum sungguh-sungguh prima serta seharusnya cuma dikasih ASI saja yang condong aman serta dapat menolong kemajuan metode penernaannya secara baik. Karena ada realitas ini, lalu kapankah kita dapat memberikannya makanan lain untuk bayi?

Ahli kesehatan katakan apabila seusai bayi mulai beranjak umur 6 bulan, baru konsumsi lain dapat diperkenalkan pada bayi. Tetapi, berharap diingat jika kendati bayi udah alami kemajuan pada aliran pencernaannya, bukan bermakna kita dapat asal memberikannya makanan berat kepadanya. Berikanlah makanan yang condong lembut berwujud bubur-buburan atau seperti buah yang udah dilembutkan yang akan ringan di cerna oleh bayi. Seusai usianya beranjak seputar 8 bulan, baru kita mulai memperkenalkan makanan lunak yang lain seperti bubur nasi atau seperti sereal yang lunak. Sejumlah buah-buahan yang mengenyangkan seperti alpukat atau ubi yang ditumbuk halus juga dapat mulai dikasihkan pada bayi pada umur ini. Konsumsi ikan atau ayam yang lembut juga dapat mulai dikasihkan untuk bayi jadi pengenalan makanan yang kaya protein.

Kala umur bayi lebih dari 8 bulan, dimana banyak bayi yang dapat mulai menggenggam makanan sendiri serta memasukkan ke mulut, jadi kita mulai dapat memperkenalkan makanan yang tidaklah terlalu halus. Jadi contoh, telur dapat kita potong kecil-kecil tiada dihaluskan serta dapat dikonsumsi bayi pada umur ini. Biskuit spesial bayi juga dapat mulai dikasihkan jadi cemilan pada bayi. Disamping itu, apabila bayi udah berumur 10 sampai 12 bulan, jadi bayi bisa konsumsi makanan yang dikonsumsi orang dewasa. Tetapi, coba buat batasi makanan ini dengan potongan yang kecil serta bebas dari duri atau tulang-tulang hingga aman buat dikonsumsi oleh bayi. Sejumlah produk seperti kacang-kacangan saat ini udah aman dikonsumsi oleh bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *